Presiden Palestina Juga Dukung Mesir Bangun “Tembok Gaza”

Secara mengejutkan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menganggap apa yang dilakukan Mesir dengan membangun dan menanam tembok logam atas dan bawah tanah sepanjang perbatasan Rafah-Gaza merupakan hak sah Mesir sebagai sebuah negara.

Abbas mengatakan hal tersebut dalam jumpa pers di sela-sela kunjungannya ke Kuwait selama dua hari (5-6/1). Abbas justru mengkritik penggalian terowongan bawah tanah yang menghubungkan wilayah perbatasan Gaza-Mesir yang terus dilakukan oleh warga Gaza.

“Pembangunan dan penanaman tembok logam yang dilakukan oleh Mesir di sepanjang wilayah perbatasannya dengan Jalur Gaza adalah hak sah nya. Mesir memiliki otoritas penuh untuk melakukan apa saja di atas tanah airnya,” kata Abbas sebagaimana dilansir kantor berita Kuwait Kona (6/1).

Terkait blokade Jalur Gaza dari berbagai arah yang dilakukan oleh Israel, Abbas mengatakannya sebagai tindakan yang salah. Meski demikian, kata Abbas, prosesi penyelesaian masalah ini harus dilacak dari akar permasalahannya.

“Masyarakat di Gaza hidup dalam kondisi terpenjara dan tidak layak,” kata Abbas.

Jalur Gaza secara berturut-turut mengalami blokade hingga serangan militer dari pihak Israel semenjak faksi Hamas menguasai wilayah itu di pertengahan tahun 2006 silam.

Hamas dan Fatah, faksi yang dikepalai oleh Abbas, hingga saat ini masih berseteru dan belum “akur” untuk dapat duduk bersama menyelesaikan masalah dalam negeri mereka. (ags/kona)

sumber : http://eramuslim.com/berita/palestina/presiden-palestina-juga-dukung-mesir-bangun-tembok-gaza.htm

One thought on “Presiden Palestina Juga Dukung Mesir Bangun “Tembok Gaza”

Apa pendapatku tentang artikel ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s