Kalo Dosa itu Berbau ?

Pernah gak, kepikiran, kalau suatu saat dosa yang kita lakukan itu, berbau ? … coba dah pikirin,

Suatu hari, saat orang – orang disekitar lagi sibuk bahas tentang “seseorang”. Dengan santai, kita ikut gabung disana. Ikut – ikutan kasih komentar, padahal, kita gak tau masalah sebenernya itu apa. Padahal, itu Ghibah loh!

Atau, di hari yang lain, kita punya janji sama temen. Karena kelelahan, habis beresin tugas semaleman, eh, ketiduran. Akhirnya, gak jadi ketemu ama tu temen. Terus, temen ntu, telepon dan tanya alasan gak dateng tadi. Karena malu, kalo bilang “maaf, ketiduran”, nanti disangka “pemalas”. Dasar, emang setan itu licik, punya ratusan ide. Akhirnya, keluar deh, dari mulut kita,” oh, maaf … saya di panggil dosen buat ngerjain tugas”. Padahal, itu bohong loh.

Atau, suatu hari, temen punya Hp Blackberry. Pas kita ketemu ama tu temen, dengan lancarnya kita bilang, “ah, paling itu mah kredit!”. Padahal, kita juga punya BB (Bukan Blackberry). Sadar gak, kalo kita tuh udah iri sama temen sendiri.

Banyak dah, dosa – dosa kecil yang kita ngerasa tu dosa gak akan bawa kita masuk ke neraka. Padahal, kan ada pepatah “ dikit dikit, lama – lama jadi bukit”, dosa juga sama kayak gitu. Gak kerasa sih, tapi, kalo udah kebiasaan … bahaya dah.

Yang jadi masalah tuh, kalo suatu saat, dosa kita berbau. Misalnya, kalo Ghibah, nafas kita jadi bau amis. Yakin dah, kita punya temen … ngejauh!. Terus, kalo bohong, bau asem. Euh, gak banget dah. Kemana mana, bikir orang mual. Atau, kalo dosa iri, tubuh kita jadi bau mayat tikus (bangkai). Iiihhh, mesti mandi pake kembang 7 rupa, campur gatsby 3 botol, rinso 5 botol, sama sunclin 1 botol. Baru dah bau itu ilang … emang gitu ? udah coba ?. Saya mah, ogah ahh.

Apapun itu, sahabat. Bisa jadi, dosa kita memang berbau. Namun, Allah SWT dengan segala kuasanya, nahan bau itu supaya gak ke-cium sama orang lain. Tapi, bukan masalah bau yang harus dipikirin, kan pake minyak wangi, beres ? tul gak?.

Emang sih, bener … minyak wangi apa dulu ? nyong – nyong ?. Kalo dimisalkan, minyak wangi itu, tetesan air mata kita, saat kita ber-taubat. Menangis, tengah malam, disaat waktu tahajjud. Tetesan air mata syukur atas segala nikmat-Nya. Pasti bau itu bakal ilang, tapi, kalo beres pake minyak wangi, terus berendem lagi di comberan, bau nya dateng lagi dong!.

Artinya, saat kita melakukan dosa, baiknya langsung bertaubat. InsyaAllah, bau itu bisa ilang. Tapi, tahukah kamu, sahabat … yang lebih baik tuh, menghindari sumber bau itu. Lebih baik, mencegah daripada mengobati, tul gak ?.

Semoga kita diberikan “alarm” yang bagus. Jadi, waktu mau deket sama sumber dosa, langsung berbunyi dan kita pun terhindar dari dosa itu. Atau setelah melakukan dosa, alarm itu langsung berbunyi, sehingga kita sadar dan langsung bertaubat.

Sahabat, alarm itu hati nurani kita. Saat kita menjaga hati supaya tetep bersih, menjaga amalan, ibadah, sholat, zakat, dll. insyaAllah, kita bakal punya Alarm yang bagus.

—————————————-

Dinda Agus Triyana, Jum’at 15 Januari 2010.

4 thoughts on “Kalo Dosa itu Berbau ?

Apa pendapatku tentang artikel ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s