Nulis tanpa Baca! Tong Kosong namanya

Jangan pernah menulis, sebelum anda membaca!

Asal ceplos! Itulah ciri orang yang mengungkapkan sesuatu tanpa ada dasarnya sama sekali. Coret sana coret sini, gak ada arti, otak udang nulisnya sembarang.. aaanggg.

Omong kosong, ngasih pendapat angin yang gak punya bobot. Ngasih komentar Cuma karena ‘”feeling” aja, emang bikin dodol, pake feeling.

Memang, gak ada yang ngelarang buat nulis, boleh aja, oceh sana – sini, tapi kalo gak ada isi, apa kata slank –tong kosong.

Maka dari itu, sebelum kita menulis sesuatu, biasakanlah untuk membaca terlebih dahulu. Pahami betul apa yang akan kita tulis, dan gunakanlah bahasa yang wajar. Gak harus EYD kok, bebas aja, asal perlu diperhatikan etika dalam menulis.Tulislah yang kita sukai dulu, mau curhat kek, bahas artikel kek, cerpen kek, atau Cuma ngasih kata mutiara, it’s OK bro!

Tapi inget, usahakan tulisan yang kita buat bisa bermanfaat buat orang lain, juga gak melukai orang lain. Coba deh bayangin kalo ada seseorang yang nge-sms, “makasih yah mas/mba atas tulisannya, pas banget sama masalah saya sekarang”.

Tuh kan, jadi aja kita dapet pahala, tul gak? Asal jangan kita bales,”oh iya, jangan lupa yah, satu artikel harganya Rp xxx, kirim ke 09xx8xx9x”, jadi komersil gini.

Cobalah untuk ikhlas, karena dengan begitu, kita bisa memberikan ‘jiwa’ pada tulisan kita. Jadi, orang yang baca pasti nyaman sama tulisan kita, entar ketagihan deh.. Ada yang nyontek tulisan kita, no prob, nyantai aja, itu artinya tulisan kita emang bagus.

So! Let’s start right now..

5 thoughts on “Nulis tanpa Baca! Tong Kosong namanya

Apa pendapatku tentang artikel ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s