Ide itu, gak datang sendiri

Pagi – pagi pergi ke pasar, nyari menyan, ayam hitam, bunga tujuh rupa, lengkap dengan segala macam wangi – wangian. Rencananya,pengen bertapa di kamar selama sebulan penuh. Berharap, moga aja ada ide yang datang.

Jangan norak deh! Mungkin itu kata yang tepat buat orang yang nunggu ide dengan cara seperti itu. Ide itu, gak datang sendiri. Ide itu mesti dicari. Ide itu, bukan barang mahal, tapi barang antik yang butuh usaha untuk menemukannya.

Gunung kan kudaki, laut kan kusebrangi…

Nah, itulah kata yang tepat buat usaha kita nyari ide. Ngelamun gak jelas, bisa bikin kita tersesat dihutan. Tanpa petunjuk, tanpa bekal. Yang ada, kita bisa mati oleh lamunan kita.

Cobalah berjalan keluar, lihat sekitar. Ada pedagang siomay yang ngelamun karena sepinya pembeli, ada juga anak kecil yang sibuk mungutin sampah, tukang beca yang tersenyum senang karena seseorang memberinya bayaran lebih, atau lihat diseberang sana deretan pengemis yang duduk diam dengan tangan mengadah.

Masih belum dapet ide juga?

Naek angkot, atau pake motor. Pergi ke perpustakaan atau toko buku, baca buku, gak usah beli, hehe. Catat hal yang penting atau menarik, jangan semua isi bukunya,, kapan beresnya, hehe.

Ciri kita udah dapet ide tuh, naturally kita tersenyum, atau menjetikkan jari. Nah, langsung tulis ide anda, pake apa aja, kalo gak bawa kertas dan pinsil, catat pake HP. Pokoknya, jangan biarkan ide itu cukup disimpan di memory kepala, karena mudah hilang… ingat, Catat!!

Udah dapat ide? Belum?

Ck ck ck,, anda menderita penyakit LOID (Lost Of Idea Disease) stadium 4. Anda harus segera mengunjungi dokter ide, yang ada disekitar anda. Teman, saudara, ibu, ayah, guru, tetangga, atau saya.. cobalah berbagi cerita dengan mereka, kalo anda teliti, setiap kata yang terucap bisa jadi sumber ide bagi anda.

Nah, udah dapet ide kan sekarang? Saatnya mengembangkan ide,,, lihat tips berikutnya dari celoteh yah,, selamat mencoba.

Tags :

  • Celoteh, Tips Menarik, Tips Unik, Tips Kehidupan.

12 thoughts on “Ide itu, gak datang sendiri

  1. ide2 saya biasanya datang dari membaca buku. seorang teman saya dapat ide kalu lagi melamun, tapi melamunnya kudu di wc pas pagi hari wkwkwkwk. kita sering tertawa dengan proses dia dapat ide2 hebat itu😆

  2. Lah, justru sebenarnya di sekeliling kita ini adalah inspirasi. Penuh dengan petuah2 untuk menulis. Tinggal kitanya aja yang harus peka dan sensitif.🙂

  3. Setuju …
    Ide itu bisa ada dimana-mana
    Ide itu bisa datang dari mana-mana …

    Masalahnya tinggal …
    kita punya kepekaan untuk menangkapnya atau tidak

    salam saya

  4. hmmm sekarang saya lagi mentok ide nih… udah ngeliat sana sini, buka mata buka telinga, tetep gak ada yang bisa jadi topik tulisan.. gimana dong?😛

    • coba share sama orang – orang sekitar…
      coba ngobrol deh sama anak kecil,,, anak kecil itu rumahnya ide loh, karena mereka berpikir sesuai dengan yang mereka liat..

  5. banyak hal emang bs mndtngkan ide..saat senang, lagi jatuh cinta pun saat sedih…kdng pas mewek terbersit ide..saya brenti dulu untuk menuliskan di hape..kmudian lanjut mewek lagi..qiqiqiqi…yg pnting ide dah tersimpan..

Apa pendapatku tentang artikel ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s