7 hal Penting yang harus diketahui oleh Blogger

Menurut kamu, Blog itu apa???

celoteh– Pasti ada berbagai macam jawaban tentang arti blog bagi tiap orang. Bagiku, blog ibarat kereta api yang punya banyak gerbong. Satu gerbong untuk penumpang, satu gerbong untuk barang, gerbong lainnya untuk yang lain pula.

Nah, blog pun sama. Satu tempat untuk berita, satu tempat untuk curhatan kita, satu tempat untuk hasil karya kita, dan tempat yang lainnya terserah kita yang menentukan.  Saat orang ingin numpang dikereta kita, ada yang gratis, ada juga yang bayar. Nah, blog juga bisa kita gratiskan kontennya,ada juga yang harus bayar. Sepakat???

Sekarang, celoteh mau bagi – bagi tips, 7 hal penting yang mesti diketahui oleh Blogger, termasuk saya sendiri.

  1. Jadilah realistis:
  2. kita harus relistis ketika akan mulai menulis. Jangan pernah berani mencoba menulis hal yang tidak sebenarnya terjadi. Ungkapkan hal yang benar – benar anda alami, karena orang lain akan terbawa dalam suasana yang anda alami saat anda menceritakannya dengan begitu nyata. Biarkan hati kita yang menuntun jari jemari kita menari diatas keyboard.

  3. Jangan pernah berhenti menulis:
  4. setiap blogger, pasti pernah mengalami kondisi “stuck”, jalan buntu saat menulis. Tiba – tiba, ditengah perjalanan saat menulis, ide menghilang begitu saja. Ini hal yang wajar, gak usah khawatir, cemas dan bimbang. Cobalah untuk keluar dari ruangan anda menulis, carilah udara segar, minum air putih, istirahatlah. Dan ide pun akan kembali, atau baca artikel celoteh ….

  5. Nikmati apa yang Anda lakukan:
  6. menulis itu menyenangkan, menulis itu menarik, menulis itu penuh dengan tantangan. Saat kita menyadari menulis itu begitu nikmat, saat itulah kita akan merasakan menulis itu mudah. Tidak mustahil kalau anda bisa menghasilkan beberapa tulisan dalam sehari.

  7. Fokus pada inti masalah:
  8. Blog yang berfokus pada inti masalah cenderung lebih baik daripada mereka yang hanya mengoceh tentang segala topik acak. Jadi memilih inti masalah yang anda sukai adalah gambaran sebuah kreatifitas, sehingga orang lain akan tertarik untuk membaca apa yang Anda katakan. Dan tulisan anda akan mudah dimengerti dan mudah diingat orang lain.

  9. Buatlah judul yang menarik:
  10. seorang pengunjung akan tertarik untuk membaca lebih jauh apa yang anda tulis, saat judul yang anda pakai membuat pengunjung penasaran. Anda pasti pernah mendengar, pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda.

  11. Gunakan kata kiasan:
  12. jangan terlalu datar dalam menulis. Gunakan kiasan – kiasan yang membuat tulisan anda tampak manis dan menarik. Tapi, jangan terlalu berlebihan, karena pembaca akan merasa bosan  dengan kata kiasan yang berlebihan.

  13. Bersabarlah :
  14. ketika tulisan anda sudah dipublish, bersabarlah. Mungkin hanya sedikit yang memberikan komentar, atau bahkan tidak ada yang mengomentari tulisan anda. Tenang saja, karena tidak semua yang berkunjung mau memberikan komentar. Yang penting tulisan anda dibaca oleh pengunjung.

Nah, itulah tips yang bisa celoteh bagikan saat ini. Jangan lupa, untuk gabung dalam blogger pesta tahun ini yah, kita bisa berbagi lebih banyak disana.

Ganbatte kudasai,,,

Daripada mumet mikirin masalah hari ini, mending pada ikutan deh Pesta Blogger 2010… Buat kamu yang punya blog, tau aja ada kesempatan buat menangkan hadiahnya… AYoo,, buruan daftar…
Info Lebih lanjut lihat di : All About Pesta Blogger

14 thoughts on “7 hal Penting yang harus diketahui oleh Blogger

  1. gua setuju sih ama 7 poin di atas kecuali yang ke empat. hehe. soalnya bagi gua, blog itu untuk menuangkan segala macem yang gua emang pengen tulis aja. jadi ya jelas topik nya ngacak abis…😀

  2. Sangat setuju dengan kesemua tips diatas. Mama sudah mencubanya sejak dari hari pertama berblog lagi. Paling Mama suka tips no.7. Iya memang betul, artikel yang nggak berkomen itu tidak semestinya kurang popular, tapi mungkin pembaca bersetuju dengan isi kita, atau boleh jadi juga pembaca tidak mempunyai pendapat mengenai itu. Pokoknya teruskan menulis aja.

    Salam manis dari penulis blog Malaysia.

Apa pendapatku tentang artikel ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s