Kisah Nenek Muda…

Dikisahkan, ada seorang nenek yang sedang asyik duduk belajar bersama anak – anak disebuah SD. Si nenek nampak ceria, ikut melompat saat anak yang lain lompat, ikut berteriak dan bernyanyi. Setiap hari, ia tak lupa pergi kesekolah dan datang paling awal, pulang saat sekolah sudah sepi. Tak hanya dikelas, diluar kelaspun ia ikut bermain dengan siswa yang lain.

Melihat tingkah nenek itu, saya tertegun dan merasa heran, hingga suatu hari saya datang menemui nenek itu dan bertanya tentang kebiasaan nenek sehari – hari.Ia pun bercerita tentang dirinya masa lalu..

Nak, dulu nenek punya banyak teman. Nenek punya banyak harta dan kekayaan yang melimpah. Nenek sekolah ditempat yang terkenal. Nenek bermain dengan anak muda, dugem, wisata, dan lainnya. Tapi nak, satu hari disaat itu, nenek merasa sepi, nenek merasa semua harta yang nenek miliki, tak mampu memberikan kebahagiaan. Nenek tertawa, tapi tak sampai hati,, tetap dalam hati ini merasa kosong

Usia nenek semakin bertambah, nenek semakin tua dan keriput. Lalu nenek datang kesekolah ini, dan ikut belajar bersama anak – anak disini. Entah kenapa, nenek merasa tujuh puluh tahun yang lalu berlalu tanpa arti. Justru selama sepuluh tahun disini, nenek merasa lebih hidup dan bahagia. Nenek bisa tertawa dan bernyanyi. Melakukan hal yang seharusnya nenek lakukan.

Saya diam tertegun mendengar kisahnya ini, lalu dipenghujung cerita ia mengatakan, “Nak, hidup nenek baru terasa selama sepuluh tahun ini,, se-umuran dengan siswa disini kan?!”, ia tersenyum, menampakkan giginya yang sudah hilang beberapa.

Sepulang dari pertemuan itu, saya sadari, makna berharga dari kisah si nenek. Bahwa, hidup yang sebenarnya baru akan kita rasakan setelah kita menyadari Makna Hidup yang kita miliki. Si nenek baru bisa menemukannya saat ia mulai berjumpa dengan anak – anak disekolah itu, dan kebahagiaan pun datang menghampirinya.

Lalu, saya bertanya pada diri saya sendiri.. Lantas apa arti Hidup ini bagi saya? Untuk apa saya berada disini? Lalu, apa yang saya harapkan saat saya meninggal nanti?


Semoga kisah ini bisa bermanfaat untuk semua..
Insipirated by : bang Kemas Mahmud
(Trainer)

3 thoughts on “Kisah Nenek Muda…

Apa pendapatku tentang artikel ini?

