Celotehan selagi hujan sore-sore…

Saya sering kali beranggapan bahwa “Motivator itu Cuma bisa membual, kalau sudah dilapangan, cuma teori yang keluar, aksinya nol besar!!”. Mungkin anggapan ini tidak berlaku untuk beberapa motivator yang sukses dalam memberikan suntikan motivasi untuk klien dan lebih sukses memberikan motivasi untuk dirinya sendiri. Tapi, ada banyak sekali motivator di lapangan yang lancar dan pintar dalam berkata, bercerita, memotivasi orang lain, tapi ia gagal total memotivasi dirinya sendiri.

Setelah menemukan beberapa motivator yang gagal memotivasi dirinya sendiri, saya jadi malas ikutan lagi seminar motivasi. Karena, banyak sekali peserta yang saat seminar begitu berbinar-binar, penuh semangat, serasa seperti baru lagi. Tapi, seminggu atau beberapa hari setelah itu mereka pun kembali menjadi diri mereka yang lalu.

Lama sudah saya tidak ikut seminar motivasi, atau training motivasi. Saya lebih memilih belajar sendiri, melihat dan membaca lingkungan, sharing dan mengobrol dengan mereka yang sukses beneran, melihat teman-teman dekat yang sukses duluan, mengumpulkan foto-foto fenomenal yang bisa membangkitkan semangat dalam diri ini. Sesekali nonton atau sekedar mendengarkan rekaman ceramah ustadz ternama, tentang indahnya sedekah, keyakinan pada-Nya, dan kekuatan ikhtiar. Perlahan tapi pasti benih-benih semangat pun mulai tumbuh dan berkembang.

Berkali-kali saya menjadi lemah, semangat seperti hilang dan stuck selama berbulan-bulan. Terperangkap dalam rutinitas yang menjadikan saya seperti robot yang bekerja dari sebuah perintah tertulis. Beruntung, masa-masa itu pun berlalu. Mungkin suatu saat datang lagi, tapi saya sudah siapkan senjata-senjata untuk mengatasinya.

I Wont’ Give Up…

Semangat ini pun saya bagikan kepada murid-murid disekolah, teman terdekat, lewat website dan lainnya. Saya tulis berbagai macam artikel motivasi, saya kumpulkan gambar-gambar motivasi. Kata-kata mutiara yang indah, dan banyak lagi. Saya ingin siapapun yang membaca dan mendengarkan, terbangkitkan semangatnya.

Tanpa sadar, ternyata saya pun bisa dianggap seorang motivator.. dan parahnya, saya pun belum se-sukses dari setiap artikel yang saya buat.

Haha.. ternyata semua anggapan tentang para motivator itupun berbalik ke diri saya sendiri.

Ternyata setelah jauh melihat ke belakang, modal awal saya bisa menjadi seperti ini, bertahan dalam setiap ujian, belajar membangkitkan semangat dalam diri adalah buah dari sebuah seminar dan training motivasi yang pernah saya ikuti.

Satu pelajaran penting bagi siapapun yang mengikuti sebuah seminar atau training motivasi, “Semangat yang akan bertahan dan terus kekal adalah semangat yang ada dalam diri anda sendiri, temukanlah itu dengan cara yang benar”.

Semoga menginspirasi.

Apa pendapatku tentang artikel ini?

